MENCIPTAKAN DESA MANDIRI KESEHATAN DI DESA SALUKANAN KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

Aktsar Roskiana Ahmad

Sari


Kegiatan KKN-PPM dilaksanakan di Desa Salukanan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Merupakan dataran tinggi dan desa unggulan agribisnis di Kabupaten Enrekang dengan hasil alam yang melimpah dan tanaman endemik berupa beras ketan pulu mandoti. Kelompok sasaran pada kegiatan ini adalah anak usia sekoah, remaja putri, ibu-ibu rumah tangga, ibu-ibu PKK dan karang taruna pada tiga dusun (Matarin, Gandeng, dan Tantido).

Dari hasil diskusi dengan Pemerintah Desa dan tokoh-tokoh masyarakat ditemukan beberapa permasalahan masyarakat, sehingga ditawarkan beberapa kegiatan seperti :Penyuluhan kesehatan pada anak usia sekolah dan masyarakat umum. Pelatihan aplikasi tanaman obat (pengobatan herbal) dan pemanfaatan lahan untuk budidaya tanaman obat (pengelolaan TOGA). Pembuatan produk kesehatan sereal berbahan dasar pulu mandoti (beras ketan merah) untuk memberikan tambahan nilai ekonomis untuk masyarakat setempat. Menumbuhkan jiwa enterpreneurship masyarakat dengan mendorong terbentuknya kelompok-kelompok usaha pengolahan sumber daya alam sehingga masyarakat tidak hanya menjual hasil alam dalam bentuk bahan baku (bahan mentah) akan tetapi dapat menghasilkan produk produk yang bernilai ekonimis tinggi.

Untuk mencapai target kegiatan KKN-PPM maka akan dilaksanakan beberapa kegiatan dengan tahapan sebagai berikut : sosialisasi kegiatan KKN-PPM, penyusunan program kegiatan (program pokok dan program tambahan), seminar awal untuk sosialisasi kegiatan, pelaksanaaan kegiatan dengan metode ceramah, diskusi, pelatihan dan praktek, seminar evaluasi, penyusunan laporan kegiatan, seminar akhir pada pekan terakhir kegiatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, Profil Desa Salukanan, 2007, Pemerintah Desa Salukanan, Salukanan-Enrekang.

Setiawati, 2008. Sambutan dalam Pemberdayaan Perempun dalam Peningkatan Pemberian ASI. Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia : Kementrian Kesehatan RI


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.